Archive for November, 2006

Air, kebutuhan paling dasar!

Air adalah “zat ajaib”. Kegunaannya nyaris tanpa batas. Tubuh manusia yang 70% adalah air sudah menjadi bukti otentik betapa kita tidak dapat terlepas dari air. Dan dalam kurun waktu seminggu tanpa air, manusia tidak akan dapat bertahan hidup. Jadi, tidaklah aneh bila kita wajib minum air setiap ahri. yang jadi soal tentunya adalah mutu air itu.

Mengapa air putih?
Minum air begitu penting bagi tubuh. Terutama air yang berih, mengandung mineral, bebas kontaminan, bebas bakteri serta segala macam jenis penyebab penyakit.
Mengapa begitu?

Agar tubuh tetap sejuk
berkeringat itu penting. Sebelum Anda heran dan geli, harap sadar bahwa mengeluarkan keringat adalah isyarat yang paling gamblang bahwa tubuh harus mulai “diisi ulang” dengan banyak minum air putih. Dengan berkeringat pun tubuh akan tetap terasa segar. Jika Anda kurang minum yang bermineral, tubuh tidak akan cukup mengeluarkan keringat. Akibatnya volume darah akan menurun. Sistim sirkulasi pun akan bermasalah dan Anda akan pusing atau aga sesak napas.

Semua nutrisi dapat terkumpul
Dengan minum air bersih dan kaya mineral, maka vitamin akan lebih gampang menjelajahi tubuh melalui aliran darah.

Dapat menghindari sembelit
Mudah-mudahan Anda jarang punya masalah menyebalkan ini. Makanya, Anda harus cukup mengkonsumsi makanan berserat, dan bagi Anda yang sering lupa minum karena sering duduk di ruangan ber-AC: coba bangkit dari kursi dan ambillah air putih yang bermineral. Lakukan dengan frekuensi yang cukup sering sepanjang jam kantor.

Dapat menjaga kehalusan dan kelembaban kulit
Sel-sel pada kulit akan tetap sehat apabila mendapat suplai air yang cukup. Akibatnya kulit tetap halus dan lembab. Apabila kekurangan air, maka kulit akan menjadi kering, bahkan kusam.

Agar terhindar dari batu ginjal
Air adalah perisai terampuh untuk melindungi tubh dari serangan batu ginjal. Air akan dapat mengusir, dengan cara membanjiri, semua zat sampah yanga da di sekitar ginjal, organ yang sangat berharga ini. Zat-zat itulah yang akan membatu kalau dibiarkan menetap.

Agar terhindar dari dehidrasi
Satu rahasia kecil: Tak perlu menunggu sampai haus untuk meminum air putih. Karena rasa haus adalah gejala awal dehidrasi. Cara lain mendeteksi apakah kita sudah cukup minum air adalah dengan melihat warna urine. Apabila warnanya bersih, berarti tubuh Anda sudah cukup memiliki kandungan air. Paling ideal, minum air putih minimal 8 gelas sehari.

Informasi nutrisi: www.nutrilite.com

(Sumber: Amagram)

Mari Mencintai Jantung Sendiri

Seputar Kerja Jantung
jantung merupakan pompa yang bertugas mengalirkan nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh. Ukuran jantung hanya

segenggam tangan kiri kita. Tetapi tugasnya sangat berat, karena harus memompakan aliran darah ke seluruh pembuluh

darah. bahkan dalam satu hari harus memompakan aliran darah sebanyak 7000 liter, 100.800 kali.

Seputar Penyakit Jantung
Dari data yang diperoleh dari RS Harapan kita ternyata pasien penderita Penyakit Jantung Koroner baik yang rawat

jalan maupun rawat inap terjadi pengingkatan 10% setiap tahun. Bahkan dalam setahun terdapat 500 orang pasien bedah

jantung.

Gejala Penyakit Jantung

Gejala Awal

  • rasa nyeri dada terutama sehabis lari atau naik tangga
  • dada tertekan, sesak nafas, tercekik
  • terasa nyeri dari bahu lengan kiri sampai ke jari kiri

Gejala Lanjutan

  • panas di dada
  • sakit di ulu hati sampai ke rahang
  • keluhan sesak nafas saat istirahat
  • kepala terasa melayang, sempoyongan
  • keringat dingin, mual, muntah bahkan sampai pingsan

Tips bagi Jantung Sehat

1. Beberapa jenis makanan dapat membantu kesehatan jantung, diantaranya:

Omega 3, Pasukan Pembersih Pembuluh Darah
Omega-3 adalah asam lemak esensial terdiri dari EPA dan DHA. Sejak tahun 1970-an peran Omega-3 dianggap penting,

berdasarkan penelitian terhadap orang-orang eksimo yang banayk makan ikan. Konsumsi ikan secara regular dapat

merendahkan kolesterol jahat (LDL), meningkatkan kolesterol baik (DHL), mencegah pengerasan padapembuluh darah.

Makan Tinggi Serat Sahabat Jantung
The Journal of the American Medical Association (JAMA), menyatakan diet tinggi serat mengurangi resiko jantung.

Mereka yang mengkonsumsi serat rata-rata 22,9 gram resiko terkena penyakit jantung turun sehingga 23%, dibandingkan

hanya konsumsi serat 12 gram per hari. Konsumsi serat membantu mengurangi kadar LDL kolesterol jahat, serta gula

darah.

Bawang Putih
Bawang Putih tumbuhan ampuh bagi kesehatan jantung
Bagi penderita penyakit jantung, bawang putih juga baik menurunkan kolesterol dalam darah yang menjadi faktor

pengerasan dan penyumbatan pembuluh darah. Ini di dukung dari hasil penelitian bawang putih dapat menurunkan

kolesterol serum hingga 10,6%. Penelitian di Jerman dengan 261 pasien selain kolesterol turun 12%, ternyata kadar

trigeliserida juga turun 17%, bahkan dapat membantu mempertahankan elastisitas pembuluh darah yang mengalami

penuaan.

Antioksidan penangkal radikal bebas
Antioksidan banyak terdapat dalam makanan seperti sayur dan buah berwarna (jeruk, pepaya, brokoli, stroberi, wortel,

tomat, mangga, buah kiwi, paprika kuning dan merah), biji-bijian (biji bungan matahari, kenari) dsb. Sejumlah

penelitian menyatakan dengan mengkonsumsi cukup antioksidan dapat mencegah oksidasi LDL (kolesterol jahat), dan

mengkiatkan HDL (kolesterol baik). Vitamin C, E dan beta karoten merupakan antioksidan bagi tubuh.

Lesitin buldoser kolesterol
Lesitin membantu mengurangi pengerasan pembuluh darah dengan cara mencegah penumpukan lemak di dindingnya. Riset

membuktikan lesitin berguna untuk mencegah tingginya kolesterol, pembentukan batu empedu, sirosis hati dan kelainan

pembuluh darah. Lesitin juga membantu orang obesitas untuk menurunkan kadar lemak tubuh.

Makanan kaya vitamin B kompleks
Dapat diperoleh dari bayam, bok choy, kubis, brokoli, kacang kedelai, kacang-kacangan, jeruk, biji-bijan, sereal

utuh. Bagi Penyakit jantung Koroner dengan kadar homosistein plasma yang tinggi sebaiknya banyak konsumsi makanan

kaya vitamin B kompleks. Sebenarnya homosistein dapat diubah menjadi senyawa tidak berbahaya oleh sejumlah enzim

yang bekerja dengan bantuan beberapa vitamin B kompleks.

2. Olahraga & Kesehatan Jantung
Olahraga sangat baik bagi penderita jantung. Dengan olahraga rutin seluruh otot, termasuk jantung dapat menerima

darah sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan. Hal ini membuat jantung mendapatkan pasokan oksigen secara cukup dan

teratur. Untuk penderita jantung, sebaiknya pilih olahraga yang ringan 2-3 kali seminggu, misalnya jalan kaki, yoga,

latihan pernafasan dsb.

3. Kurang Istirahat beresiko penyakit jantung
Studi di Jepang dari National Cancer Center Tokyo, menyatakan bahwa pria yang sering bekerja lebih dari 60 jam per

minggu, dan tidur kurang lebih lima jam memiliki dua kali lipat resiko serangan jantung.

4. Makanan Tambahan
Salah satu yang tidak akalh pentingnya bagi kesehatan jantung adalah mengkonsumsi makana kesehatan.

Untuk informasi suplemen (makanan tambahan) yang dianjurkan silakan kunjungi www.nutrilite.com

(Sumber: Amagram)

1986

I used to get “kulintang” class twice a week, “kulintang” is a traditional music from java, and i practiced the music in short periode becouse i didn’t like it, but i’ve ever played the music in some concerts. As long as I can remember, graphic art has always been something extraordinary in my life. It’s always been something that completely captured my attention — from the time I was three, when someone was showing me his drawing. My first love was the graphics I saw in the line: natural and abstract. That’s why I love nature today, because I saw a lot of it when I was on Pangestu prelimanary school. I used to go to the headmaster’s house with my friend named Ipung two times a week to learn natural drawing from him. Our headmaster named Suharjo was a very wonderful man who was one of the first people to encourage me. He teach me how to make shadow and he always remain me don’t scare to choose anything color. Mr. Suharjo would let me stay up to scratch, coloring, and rendering with pencils. And finally the great thing i got was became a champion on a district drawing tournament. It’s happen a year before finishing my prelimanry school.

3bersodara.jpg

Things started changing fast shortly after that. My father always enforced me to do my homework. And he used to give me an extra mathemathics homework. So i had to leave some of playing time and did my mathemathics homework instead. During those times I was totally in touch with basic mathematics problems, it was so hard for me. I was just an ordinary student; I was not exceptional like some students.

I was 13 years old when I finished my prelimanary school. And i joined SMP 3 Bangkalan Junior High School. That was the most devastating periode in my whole experience, my father was the one of teacher staffs at that school so i always scared to do something little different. I was wasting 3 years to complate this school. I dont’t want to tell you much about this periode except i knew a sweet girl, taller than me, and good in mathemathics.

I was growing up, and I started my school at SMANSA Bangkalan Senior High School, it’s about 20 yards far from my home and i used to walk to get there becouse my bike was needed by my younger sister to get her school. If lucky my real friend named Mat Saed pick me up with his old bike, he was a smart boy but he always get the school too late so i couldn’t wait for him. The good thing was the woman that i knew when we were at Junior Hish School still got the same school with me. I hoped i could in the same class with her but that wasn’t happen. But i was still lucky that i got the same clas with the one who known as the most beatiful girl in the school eventhough i did nothing with this opportunity. As an ordinary student i got an extra computer class but i didn’t have a computer at home so i used to go home late just becouse i must to learn computer at school laboratory.