LG Optimus Life = LG Optimus Me = LG P350

Kolesterol dan Gaya Hidup Sehat

 

Kolesterol tinggi sering tidak bergejala. Waspadai kehadirannya dengan gaya hidup sehat.

Selama ini banyak orang beranggapan, ancaman penyakit karena kolesterol tinggi hanya berlaku buat mereka yang lanjut usia atau yang berat badannya berlebihan. Faktanya, kini makin banyak orang yang berada dalam usia produktif (mulai usia 20-an) juga terkena kolesterol tinggi. Bahkan, yang bertubuh ideal pun bisa mengalami gangguan pembuluh darah dan serangan jantung, akibat berlebihnya kadar kolesterol di dalam tubuh.

Cek tiap 6 bulan
Kolesterol adalah komponen asam lemak dalam darah yang sesungguhnya diperlukan tubuh untuk membentuk hormon, sel dan merawat sel-sel saraf. Tetapi dalam jumlah berlebih kolesterol menjadi ancaman serius bagi tubuh, bahkan bisa menyebabkan kematian. Penyakit yang disebabkan kolesterol antara lain adalah aterosklerosis (penyempitan pembuluh darah), penyakit jantung koroner, stroke, tekanan darah tinggi, dan hiperkolesterolemia.

Kolesterol yang tinggi (hiperkolesterolemia) tidak terlihat dan seringkali tidak bergejala. Karena itu penting bagi kita untuk secara rutin melakukan check up (periksa darah) setiap 6 bulan dan menjalani pola hidup sehat dengan diet rendah lemak, berhenti merokok, menjaga berat badan dan rutin berolah raga.

Diet rendah lemak
Hidup sehat adalah kebiasaan. Bila Anda terbiasa makan enak dan definisi makan enak menurut Anda adalah makan yang berlemak, ubah definisi itu dengan menjadikan makanan enak sebagai makanan yang sehat dan rendah lemak.

Ada 3 macam lemak di dalam makanan yang perlu Anda tahu, yaitu:

1. Saturated. Lemak ini harus dihindari, terdapat pada kuning telur, jerohan dan otak sapi.

Tags:
 

Related Posts