LG Optimus Life = LG Optimus Me = LG P350

Lisensi Linux

 

Pada tahun 1991 Linus telah memiliki kernel yang berfungsi dan Richard Stallman memiliki utilitas dasar UNIX yang dikembangkan melalui proyek GNU. Linux menjadi gabungan dua proyek ini (kernel buatan Linus dan utilitas dasar UNIX dari proyek GNU) yang sama-sama bernaung dibawah lisensi GPL (GNU Public License).Pada bulan Oktober 1991 Linus mengirim pesan lagi ke newsgroups mencari support untuk sistem operasi baru dia. Berikut petikannya:

From: torvalds@klaava.helsinki.fi (Linus Benedict Torvalds)
Newsgroups: comp.os.minix
Subject: Free minix-like kernel sources for 386-AT
Keyword: 386, preliminari version
Message-ID: 1991Oct5.054106.4647@klaava.helsinki.fi
Date: 5 Oct 91 05:41:06 GMT
Organization: Universiti of Helsinki
Lines: 55

“Apakah anda merana selama hari-hari baik minix-1.1, dan anda menghayal kapankah orang bisa membuat device driver sendiri ? Apakah anda sedang tidak ada proyek bagus dan anda sedang putus asa terhadap sistem operasi yang ingin anda modifikasi untuk kebutuhan anda? Apakah anda frustasi kapankah semuanya bisa berjalan di minix? Tidak ada lagi tukang begadang untuk membuat program yang bagus? Mungkin surat ini hanya untuk anda.

Sebagai mana saya tulis beberapa bulan lalu, saya sedang bekerja pada sebuah versi yang free dari minix-looklike untuk komputer AT-386. Akhirnya sekarang mencapai tahap dimana telah dapat digunakan (meskipun mungkin tidak berdasarkan pada keinginan anda), dan saya ingin memberikan sourcenya kepada distribusi yang lebih luas. Ini baru versi 0.02 (sudah ada patch +1 (sangat kecil)), namun saya telah sukses menjalankan bash/gcc/gnu-make/gnu-sed/compress dll didalamnya.

Mungkin anda bertanya pada diri anda sendiri “mengapa?”. Hurd (kernel proyek GNU) akan keluar satu tahun (atau dua, atau bulan depan, siapa yang tahu), sedangkan saya sudah mempunyai minix. Program ini dibuat untuk para hacker oleh seorang hacker. Saya menikmati melakukan ini, dan mungkin orang menikmatinya untuk sekedar melihat dan memodifikasinya untuk keperluannya sendiri. Ini masih kecil dan mudah dimengerti, digunakan, dan dimodifikasi, saya menunggu komentar dari anda.

Saya juga tertarik untuk mendengar siapa saja yang telah menulis utility/library function untuk minix. Jika hasil usaha anda bebas didistribusikan (dibawah copyright atau public domain), saya senang mendengar dari anda, sehingga saya dapat menambahkannya ke system. Saya sedang menggunakan Earl Chews estdio sekarang (terimakasih atas sistem yang bagus Earl), dan pekerjaan yang serupa juga saya sangat nantikan. © tentu akan dibiarkan. Kirim pesan jika anda membolehkan saya menggunakan code anda.”

Linus

Tags:
 

Related Posts