LG Optimus Life = LG Optimus Me = LG P350

Sejarah Linux

 

Free Software FoundationLinux adalah sistem operasi yang dibuat oleh Linus Torvalds ketika dia masih kuliah di Univesitas Helsinki. Linus waktu itu sedang mempelajari Minix, sebuah variasi UNIX sederhana yang dibuat oleh Prof. Andrew Tannenbaum pada saat Linus masih kuliah. Dengan keinginan menambah fungsi minix, Linus dan teman-temannya menghubungi Andrew Tannenbaum, dengan harapan mendapat izinnya untuk memodifikasi Minix.

Andrew Tannenbaum memiliki pikiran lain, dia ingin mempertahankan Minix sebagai alat belajar yang sederhana dan tidak setuju untuk memodifikasinya. Tidak ada cara lain, Linus dan teman-temannya memutuskan untuk menciptakan sistem operasi sendiri dengan fitur-fitur yang mereka inginkan. Pada 25 agustus 1991 Linus mengirim pesan ke group comp.os.minix news yang isinya (kurang lebih) sebagai berikut:

From: torvalds@klaava.helsinki.fi (Linus Benedict Torvalds)
Newsgroups: comp.os.minix
Subject: What would you like most in minix?
Summary: small poll for my new operating system
Message-ID: 1991Aug25.205708.9541@klaava.helsinki.fi
Date: 25 Aug 91 20:57:08 GMT
Organization: Universiti of Helsinki

Hi semua pengguna minix

Saya sedang mengerjakan (free) sistem operasi (hanya sekedar hobby, tidak akan jadi sebesar dan seprofesional GNU) untuk platform 386(486) AT clone. Hal ini sudah dibuat sejak april, dan sekarang hampir siap. Saya ingin masukan dari anda semuanya, sebagaimana sistem operasi saya ini jadi seperti ini (phisical layout of files system yang sama (karena alasan praktis) dan beberapa yang lain).

Saya sudah memasukkan bash(1.08) dan gcc(1.40), dan semua kelihatan berkerja. Hal ini berarti akan mendapatkan sesuatu yang praktis dalam beberapa bulan ini, dan saya ingin tahu fitur apa saja yang orang-orang inginkan, namun saya tidak janji akan menerapkannya.

Linus (torvalds@kruuna.helsinki.fi)

PS: Ya! ini minix code yang free, dan ini memiliki multithreaded fs. Ini tidak portable (menggunakan 386 task switching, dll), dan mungkin tidak akan mensupport selain AT-Hardisk, sebagaimana hanya itu yang saya miliki.

Tags:
 

Related Posts