LG Optimus Life = LG Optimus Me = LG P350

Seri Memburu Dollar: Persiapan

 

Seperti yang saya janjikan sebelumnya, kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya dalam mepersiapkan pembuatan blog. Saya alokasikan waktu sebulan untuk persiapan, kenapa sebulan? apa tidak kelamaan? tidak, karena banyak hal yang harus dipikirkan dan saya emang tidak mau buru-buru. Waktu itu saya menargetkan mulai tanggal 1 Januari 2007 akan mem-publish postingan pertama oleh karena itu selama bulan Desember 2006 saya mempersiapkan segala sesuatunya, termasuk memplejari/membaca ebook yang berkaitan dengan ‘search engine optimization‘ karangan Brad Callen (gratisan) judulnya SEO Made Easy, silahkan download ebook-nya kalau tertarik mempelajari atau baca saja rangkumannya disini.

Diantara yang harus dipersiapkan adalah topik yang akan kita pilih. Pemilihan topik ini menyedot pikiran yang tidak sedikit, dan saya tidak mencoba untuk ‘stand out of the crowd’, artinya saya tidak takut unutuk memilih topik populer yang sudah banyak dipilih para blogger di seluruh dunia, yaitu mengenai gadget.

Setelah mengambil keputusan topik apa yang akan kita tulis, selanjutnya saya mempersiapkan blog engine-nya, dalam hal ini saya memilih WordPress karena bersifat Open Source dan sudah didukung oleh komunitas developer yang solid di seluruh dunia. Dalam tahap ini sudah saatnya memulai memikirikan perusahaan hosting mana dan domain apa yang akan dipilih. Proses ini juga butuh waktu dan pemikirian yang tidak sebentar. Apalagi dalam pencarian, pemilihan, dan pengeditan templete. Meskipun banyak templete WordePress yang bisa didownload secara gratis, saya akui sulit menemukan yang cocok dengan kemauan, jadi disini butuh kesabaran ekstra.

Kemudian setelah itu mencari sumber-sumber berita sebagai referensi untuk kita menulis artikel. Untuk mudahnya saya langganan berita dari blog-blog yang setema melalui RSS. RSS reader yang saya gunakan adalah iGoogle, bukan yang lain. Saya langganan rss sekitar 100 blog.

Setelah semuanya siap maka tinggal mulai ngeblog, ok tunggu artikel berikutnya.

Tags:
 

Related Posts